Profile

Dua orang dari sebuah NGO di India yang bernama SEEDS India berkunjung ke LKTS Boyolali pada 23 Maret 2009 kemarin. Dua orang tersebut adalah Mihir Joshi Program Officer Structural mitigation

dan Suman Nag Program Officer Media SEEDS India yang didampingi oleh Aan Apriantono dari Yayasan SHEEP Indonesia.

Mereka datang untuk mengetahui dan belajar bagaimana kearifan lokal masyarakat dalam menanggulangi resiko ancaman bencana. Mereka ingin mengetahui best practice penanggulagan resiko bencana yang berbasis masyarakat yang barangkali mampu diterapkan dan dikembangkan oleh lembaga mereka. Mereka juga mengunjungi kelompok masyarakat basis yang menjadi dampingan LKTS, yaitu KSM Mekarsari di Mliwis Cepogo. Di sana mereka sharing mengenai kiprah KSM dalam melakukan pengurangan resiko bencana. Dari hasil diskusi tersebut kedua orang dari SEEDS India menyatakan kagum dengan inisiatif masyarakat dalam mengurangi resiko ancaman bencana, dengan telah terbentuknya kelompok perempuan seperti KSM yang telah mengalokasikan dua setengah persen dari dana kelompok untuk penanggulangan bencana.

Yang menarik, dia sangat kagum dengan fungsi kentongan yang mempunyai peran besar sebagai sarana komunikasi tradisional yang sangat efektif dalam untuk memberi tanda adanya bencana. Mereka juga mengusulkan untuk memberikan pendidikan dini kebencanaan bagi anak-anak mereka sehingga mereka juga akan memahami dan siap dengan bencana yang bisa saja menimpa.

Selain bertemu dengan KSM, mereka juga bertemu dengan anggota Paguyuban Siaga Merapi (PASAK Merapi) dan Forum Merapi. Disana mereka sharing mengenai hal-hal yang telah dilakukan untuk mengurangi resiko ancaman bencana merapi. Beberapa hal yang telah dilakukan antara lain menanam tanaman keras untuk menghindari awan panas dan longsor, membuat teras siring dan pemahaman kepada masyarakat akan kesiapsiagaan mengenai bencana. Bahkan kedua staaf SEEDS India tersebut merencanakan akan datang kembali untuk membuat film dokumentar tentang best practice pengurangan resiko bencana berbasis masyarakat.  

 

Kontak Kami :

Jl. Prof. dr. Soeharso No. 31 Karanggeneng

Boyolali 57316 Jawa Tengah - Indonesia

Phone/Fax : +62-0276-327947

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. 

Web : www.lkts.org 

Find Us :